Perangkat
berbasis android hanya mempunyai satu layar foreground. Normalnya saat
menghidupkan android, yang pertama Kamu lihat adalah home. Kemudian bila Kamu
menjalankan sebuah aplikasi catur, User Interfacenya (UI) akan menumpuk diatas
layar sebelumnya (home). Kemudian bila melihat help-nya catur, maka UI help
akan menimpa UI sebelumnya (catur), begitu seterusnya. Semua proses diatas
direkam di application stack oleh sistem Activity manager. Menekan
tombol back hanya kembali ke halaman sebelumnya, analoginya mirip dengan
browser dimana ketika Kamu meng-klik tombol back browser akan kembali
menampilkan halaman sebelumnya. Setiap User Interface diwakili oleh kelas
Activity (Activity class). Setiap activity mempunyai siklus, dapat dilihat di
gambar 1.14. Sebuah aplikasi dapat terdiri dari satu atau lebih activity yang
diproses dalam Linux. Jika Kamu bingung dengan penjelasan ini, jangan terlalu
dipikirkan. Tetap saja maju terus, Kamu akan paham setelah benar-benar
mempraktikkan latihan-latihan dalam buku ini.
Siklus
activity Selama siklus ini berjalan,
activity bisa mempunyai lebih dari 2 status seperti yang terlihat pada gambar
1.14. Kita tidak bisa mengontrol setiap status karena semuanya sudah ditangani
oleh sistem. Namun kita akan mendapat pesan saat terjadi perubahan status
melalaui method onXX(). Berikut penjelasan setiap status.
onCreate(Bundle)
|
Dipanggil
saat pertama kali aplikasi dijalankan. Kita dapat menggunakan ini untuk
deklarasi variabel atau membuat user interface.
|
onStart()
|
Mengindikasikan
activity yang ditampilkan ke pengguna (user).
|
onResume()
|
Dipanggil
saat applikasi kita mulai berinteraksi dengan pengguna. Disini sangat cocok
untuk meletakkan animasi ataupun musik.
|
onPause()
|
Dipanggil
saat applikasi yang Kita jalankan kembali ke halaman sebelumnya atau biasanya
karena ada activity baru yang dijalankan. Disini cocok untuk meletakkan
algoritma penyimpanan (save).
|
onStop()
|
Diapnggil
saat aplikasi Kita berjalan di belakang layar dalam waktu cukup lama.
|
onRestart()
|
Activity
kembali menampilkan user interface setelah status stop.
|
onDestroy()
|
Dipanggil
saat aplikasi benar-benar berhenti.
|
onSaveInstanceState(Bundle)
|
Method ini
mengijinkan activity untuk menyimpan setiap status intance. Misalnya dalam
mengedit teks, kursor bergerak dari kiri ke kanan.
|
onRestoreInstanceState
(Bundle)
|
Diapanggil
saat activity kembali meng-inisialisasi dari status sebelumnya yang disimpan
oleh onSaveInstanceState(Bundle).
|
Sebagai
programer, Kamu harus mengetahui beberapa komponen aplikasi yang sangat penting
seperti activities, intens, service, dan content providers.
a. Activity
Normalnya
setiap activity menampilkan satu buah user interface kepada pengguna. Misalnya
sebuah activity menampilkan daftar menu minuman, kemudian pengguna dapat
memilih satu jenis minuman. Contoh lainnya pada aplikasi sms, dimana satu
activity digunakan untuk menulis pesan, activity berikutnya untuk menampilkan
nomor kontak tujuan, atau activity lainnya digunakan untuk menampilkan
pesan-pesan lama. Meskipun activity-activity diatas terdapat dalam satu aplikasi
sms, namun masing-masing activity berdiri sendiri. Untuk pindah dari satu
activity ke activity lainnya dapat melakukan suatu event misalnya tombol diklik
atau melalui trigger tertentu.
b. Service
Service
tidak memliki user interface, namun berjalan di belakang layar. Misalnya music
player, sebuah activity digunakan untuk memilih lagu kemudian di-play. Agar
music player bisa berjalan dibelakang aplikasi lain maka harus menggunakan
service.
c. Intens
Intens
adalah mekanisme untuk menggambarkan sebuah action secara detail seperti
bagaimana cara mengambil sebuah poto.
d. Content
Providers
Menyediakan
cara untuk mengakses data yang dibutuhkan oleh suatu activity, misalnya kita
menggunakan applikasi berbasis peta (MAP). Activity membutuhkan cara untuk
mengakses data kontak untuk prosedur navigasi. Disinilah peran content
providers. Resource Resource digunakan untuk menyimpan file-file
non-coding yang diperlukan pada sebuah aplikasi misalnya file icon, file
gambar, file audio, file video atau yang lain. Gambar berformat JPG atu PNG
sebuah aplikasi biasanya disimpan dalam folder res/drawable, icon applikasi
disimpan dalam res/drawable-ldpi dan file audio disimpan dalam folder res/raw.
File XML untuk membentuk sebuah user interface disimpan dalam folder
res/layout.
0 komentar:
Posting Komentar